Catatan Merah Jokowi-JK


JAKARTA, BOKERITA -- Terkait dengan satu semester masa pemerintahan Jokowi-JK, skor akhir pemerintah adalah 560 dari skala 170-850, yang berarti kondisi pemerintahan Jokowi-JK cukup baik walau masih terdapat beberapa catatan merah.

Demikian dikatakan pengamat politik Eep Saefulloh Fatah dalam Pelatihan School for Nation Leader (SNL) dengan tema “Pemimpin Muda dengan Jati Diri Ke-Indonesiaan,” April 2015, di Bogor, yang diikuti aktivis mahasiswa dari 40 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

“ Terdapat beberapa catatan merah, seperti dalam isu pemilihan Kapolri dan pengendalian konflik KPK vs POLRI. Selain itu juga penilaian negatif juga diberikan dalam isu penunjukan anggota Wantimpres dan perampingan birokrasi pemerintahan,” ungkap CEO PolMark Indonesia tersebut.

“ Di sisi lain ada juga kebijakan yang positif, seperti penegakan hukum di laut, penarikan subsidi bahan bakar minyak, pembentukan satgas anti mafia migas dan reformasi perizinan usaha dan investasi”, tegas Eep.

Eep menjelaskan, Jokowi harus beradaptasi cepat dan belajar banyak, karena banyak hal yang dituntut publik dari Jokowi sebagai presiden, “Ada hukum alam yang tidak bisa dilawan, menjadi presiden adalah sesuatu yang berbeda dengan menjadi gubernur atau walikota. Jika tidak belajar cepat, Jokowi akan ketinggalan”.

“ Pada saat menjadi presiden, kerja Jokowi terlihat tidak begitu terstruktur, hal ini berbeda ketika ia menjadi gubernur atau walikota. Saat ini Jokowi bersikap terlalu simbolik,” tegas Direktur Eksekutif Sekolah Demokrasi Indonesia itu.

[ bazz / aktual / kmps ]
View

Related

TOKOH 4634832590403010995

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















.

ads

loading...

Connect Us

loading...
item