Wilayah Jateng Kekeringan Akibat Kemarau Panjang

SEMARANG, BLOKBERITA -- Diterjang musim kemarau berkepanjangan, Provinsi Jawa Tengah diambang siaga darurat kekeringan. Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana menyatakan, kekeringan sudah melanda di seluruh wilayah Jawa Tengah dan diperkirakan bakal berlangsung hingga November 2015.

"Sampai hari ini, ada delapan kabupaten yang melakukan dropping air bersih, meliputi 122 kecamatan dengan 487 desa. Total dropping air 1653 tangki," kata Sarwa, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/7/2015).

Menurut Sarwa, puncak kekeringan sendiri akan terjadi dari Agustus sampai September. Dia meminta kabupaten atau kota yang dilanda kekeringan untuk cepat melakukan identifikasi.

"Apakah sudah mengeluarkan pernyataan siaga darurat air bersih atau belum," ujarnya.

Sarwa menambahkan, dropping air bersih di Jawa Tengah dibagi menjadi tiga badan koordinasi wilayah (Bakorwil). Bakorwil satu meliputi wilayah Rembang, Blora, Grobogan, dan Pati.

Bakorwil dua meliputi wilayah Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Sementara Bakorwil tiga meliputi wilayah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang.

"Kalau Bakorwil tidak cukup, BPBD Jawa Tengah akan memfasilitasi dengan mengeluarkan anggaran siap pakai. Satu syarat yang harus dipenuhi, bupati atau wali kota harus mengeluarkan keputusan siaga darurat kekeringan," tuturnya.

Di samping itu, Sarwa juga mengingatkan untuk mewaspadai bencana kebakaran saat kekeringan. "Karena setiap hari hampir ada rumah atau perusahaan yang terbakar di Jawa Tengah. Alhamdulillah, sampai hari ini korban bisa diminimalisir. Sampai hari ini, kebakaran gunung dan hutan tidak terjadi," terangnya.

Sarwa menjelaskan, sudah ada 16 kabupaten atau kota yang mengajukan permohonan bantuan siaga darurat kekeringan. Namun, lanjut dia, baru dua kabupaten yang sudah memenuhi persyaratan.

"Kabupaten atau kota harus mengeluarkan keputusan siaga darurat sebagai syarat. Ini yang membuat kami belum mengeluarkan keputusan siaga darurat," pungkasnya.

[ bmw / Oke ]
View

Related

REGIONAL 3088261593966560312

Posting Komentar

Follow us

Terkini

Facebook

Quotes



















.

ads

loading...

Connect Us

loading...
item